:))

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Mengenai Saya

Foto saya
buatlah hidup ini semudah mungkin, gak perlu disesali, bikin saja happy.....

Sabtu, 26 November 2011

upgrade samsung galaxy S

1.FLASHING VIA ODIN 1.7

Berikut ane mau berbagi tutorial untuk flashing ROM froyo ke gingerbread official. Flashing/Upgrade ROM SG1 bisa dilakukan menggunakan 2 cara yaitu menggunakan Odin 1.7 untuk File yang berekstensi *.tar, serta menggunakan Recovery clockworkMod untuk file yang berekstensi *.zip. Untuk tutor ini ane menggunakan odin 1.7 karena yang ane flash adalah stock rom xxjvs 2.3.5 (firmware eropa), untuk selanjutnya nanti akan dibahas flashing menggunakan recovery clockworkmod(cwm).

Sebelum flashing ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1.Setelah upgrade sendiri ini ane ga tau apakah garansi masih berlaku atau tidak, walaupun notabene ini stock rom Samsung.
2.Kemungkinan brick kecil paling hanya boot loop, kalo ini terjadi bisa di flash ulang ke firmware yang lain atau di flash ulang. Note: ane belum pernah ngalami yang begian kalo pake odin.
3.Pastikan batre SG1 full dan kalo bisa menggunakan laptop menghindari listrik mati mendadak (khusus daerah yang sering mati lampu).
4.Ikuti Petunjuk yang ada.
5.Resiko ditanggung sediri ya, ane hanya berbagi.


Persiapan alat

1.Odin 1.7 Download
2.Driver usb samsung Download 32 Bit Download 64 Bit dan Pastikan driver sudah terinstal di PC/Lepi sebelum flashing.
3.Firmware xxjvs 2.3.5 silakan cari Disini , atau FW lain silakan pilih sendiri krn jika menggunakan odin pada dasarnya sama.

Kalo udah siap kita akan mulai :

1.Ekstrak file xxjvs.rar yang udah kita download hingga menghasilkan beberapa file berikut

a. CODE_I9000XXJVS_CL565837_REV03_user_low_ship.tar
b. GT-I9000-CSC-MULTI-OXAJVS.tar
c. MODEM_I9000XXJVS_REV_00_CL1059471.tar
d. s1_odin_20100512.pit

2.Back up yang sekiranya diperlukan ex: phonebook cara buka contact >> menu >> Export to sdcard

3.Buka odin yang sudah kita download.

4.Pastikan file-file di bawah ini sudah pada posisi yang benar

a. s1_odin_20100512.pit >> pada PIT
b. CODE_I9000XXJVS_CL565837_REV03_user_low_ship.tar >> pada PDA
c. MODEM_I9000XXJVS_REV_00_CL1059471.tar >> pada PHONE
d. GT-I9000-CSC-MULTI-OXAJVS.tar >> pada CSC

Pastikan semua sudah pada posisi yang benar jangan kebalik-balik. Dan psatikan pada kolom PDA,PHONE,CSC sudah di centang.

5. Centang pada bagian

a. Re-partition
b. Auto Reboot
c. F.Reset time

Selain bagian ini dan pada 3 kolom di atas yang lain tida perlu di centang.

6.Matikan SG1, lalu hidupkan kemali pada kondisi download mode (Volume Down + Tombol HOME + Power).

7.Colokkan SG ke kompi/laptop. Apabila konek akan ditandani dengan warna kuning pada bagian ID:COM dan disertai keterangan COM XX (xx menunjukkan angka com berapa)

8.Setelah itu tekan Start, dan tunggu proses

9.Pada proses berjalan akan keluar beberapa keterangan di sebelah kiri.

10.Jangan pernah cabut kabel data sebelum SG1 reboot otomatis dan masuk ke mode PHONE.

11.Setelah masuk mode Phone baru di cabut kabel data, kemudian silakan cek di setting > about phone, maka akan terlihat xxjvs 2.3.5 itu tandanya anda sudah berhasil mengupgrade ke Gingerbread.

12.Enjoy it

Note :
jika setela install tidak bisa konek internet silakan cek di apn suda sesuai belum apnnya, jika belum bisa menggunakan asisten apn untuk setting apnnya.



2.FLASHING KERNEL & ROOTING

ROOTING adalah proses untuk mendapatkan akses keseluruhan dari Phone (super user), proses rooting pada SGS bisa dilakukan dengan cara flashing custom-kernel. Berikut cara flashing custom kernel via odin di Rom XXJVS 2.3.5

1.Download Kernel CF-Root-XX_OXA_JVS-v4.1-CWM3RFS disini , jika file nya zip extrak hingga mendapat file berkekstensi *.tar.

2.Buka Odin 1.7

3.Masukkan CF-Root-XX_OXA_JVS-v4.1-CWM3RFS >> Pada PDA dan ingat yang di centang hanya pada PDA, auto reboot dan f.reset time, dan tidak perlu menggunakan file *.pit

4.Hidupkan SGS pada kondisi Download mode

5.Konekkan dengan Kompi/Laptop.

6.Tekan Start tunggu hingga proses auto reboot dan masuk pada mode phone, dan jika sudah masuk pada phone mode baru cabut kabel data.

7.Cek apakah pada app drawer ada menu superuser dan cwm, apabila sudah ada icon super user berarti SGS sudah berhasil di root. Biar lebih pasti lagi eksekusi superuser kalo bisa berarti memang benar2 berhasil. Biar lebih yain lagi instal aplikasi root explorer, atau aplikasi yang memutuhkan super user.

Note : Setelah flashing kernel boot sound akan hilang jadi jangan kaget.


3.BACKUP EFS

EFS setau ane berisi file2 IMEI, jadi sebaiknya kalo mau pake cutom ROM melakukan prosedur backup ini jadi apabila kejadian imei ilang bisa di restore kembali agar IMEI tidak kacau. Kehilangan IMEI dapat mengakibatkan HH ga detek sinyal sama sekali.

Cara Backup

1.Pastikan SGS sudah di root, alias sudah bisa akses super user.

2.Download aplikasi NITRALITY dari market, atau bisa googling

3.Setelah terinstal buka aplikasi nitrality, buka Tooll >> BackUp/efs

4.Setalah berhasil backup efs akan tersimpan dimemori SGS, lebig baik lagi apabila file efs di gandakan dan diamankan, jadi biar lebih aman, caranya buka file manager >> Buka Folder Insanity >> cari folder efs dan amankan ditempat lain.

5.Untuk prosedur restore, ane belum pernah menggunakan karena selama ini flashing custom ROM aman2 aja, tapi bisa menggunakan aplikasi nitrality itu juga, Tool >> Restore/efs



4.FLASHING CUSTOM ROM MENGGUNAKAN CWM

Tested on my Samsung Galaxy S

Ada banyak custom ROM tersedia, jadi silakan pilah-plih sendiri, kalo ane di Tanya mana yang paling bagus semua bagus karena masing2 user kebutuhan romnya lain-lain jadi silakan liat reviewnya terlebih dahulu ini link custom rom-mod-kernel. Untuk custom ROM yang ane pake adalah [ROM][XXJVS] F1 Innovation V11 [Fast, Smooth & Stable]. Ane pake karena emang basic Gingerbread ane adalah XXJVS. Proses yang ane lakukan ini berdasarkan testing di HH ane dan berhasil. Flashing dengan CWM ini hanya dilakukan untuk file yang berekstensi *.zip.

Cara Flashing

1.SGS sudah harus terinstal recovery clockworkmod, gimana caranya caranya seperti cara rooting di atas yang udah ane ulas, karena rooting yang ane ulas diatas adalah cara flasing kernel yang sekaligus rooting serta instalasi recovery clockworkmod.

2.Copy paste custom-ROM yang udah didownload tadi di memori phone dan jangan di folder, pastikan file yang didownload berekstensi *.zip

3.Buka CWM trus reboot ke recovery.

4.Setelah masuk mode recovery, wipe partition, wipe/factory reset

5.Pilih install from sdcard >> choose file >> Instal zip

6.Setelah ada keterangan instalasi complete lalu reboot, dan tunggu hingga masuk mode phone. Booting untuk ROM ini terasa lama jadi sabar menunggu, booting di tandai dengan suara robot wanita, pada saat terdengar suara robot itu diamkan HH jgn pernah mematikan atau menginterupsi hingga HH masuk pada mode phone.

7.Cek IMEI di seting >> about phone>>status >> imei ilang atau ngga, kalo di ane sih aman2 aja.

8.Jika semua aman berarti anda sudah berhasil untuk mengupgrade ke custom ROM…Selamat menikmati.

Note : Untuk XXJVS ini modem (basebrand) nya kurang bagus, jadi kalo ane ane ganti dengan modem lain bias pakai modemnya froyo (ZSJPG) atau Gingerbread Asia (DXJPG)

Untuk flashing cutom ROM pada dasarnya sama yaitu menggunakan CWM tapi mungkin ada beberapa cara tambahan agar custom ROM performanya lebih baik, jadi sering2 lah membaca review dan tatacara flashingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar